Selasa, 20 Oktober 2015

Manajer/Pemimpin

   Manajer (Hasibuan): 
Seseorang yang mencapai tujuannya melalui kegiatan orang lain.
 
   Pemimpin (Robert Tanembuan):
Mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasi, mengarahkan, dan mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, supaya semua pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan.
Menurut Prof. Maccoby:
Seorang pemimpin yang baik untuk masa kini adalah seorang yang religious, yaitu menerima kepercayaan etnis dan moral dari berbagai agama besar secara kumulatif, kendatipun ia sendiri menolak ketentuan gaib dan ide ketuhanan yang berlainan



 TUGAS-TUGAS MANAJER

  1. Managerial cycle; siklus pengambilan keputusan, membuat rencana, menyusun organisasi, pengarahan organisasi, pengendalian, penilaian, dan pelaporan.
  2. Memotivasi à harus dapat mendorong bawahannya untuk bekerja giat dan membina bawahan dengan baik dan harmonis.
  3. Manajer harus berusaha memenuhi kebutuhan para bawahannya.
  4. Manajer harus dapat menciptakan kondisi yang akan membantu bawahannya mendapatkan kepuasan dalam pekerjaannya.  
  5. .Manajer harus berusaha agar para bawahan bersedia memikul tanggung jawab.
  6. Manajer harus membina bawahannya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
  7. Manajer harus membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen secara baik.
  8. Manajer harus membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar.
  9. Manajer bertanggungjawab atas keselamatan karyawan.
  10. Mengadakan pembagian kerja dan mengkoordinasi tugas.
  11. Manajer harus berusaha agar para bawahan bersedia memikul tanggung jawab.
  12. Manajer harus membina bawahannya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
  13. Manajer harus membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen secara baik.
  14. Manajer harus membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar.
  15. Manajer bertanggungjawab atas keselamatan karyawan.
  16. Mengadakan pembagian kerja dan mengkoordinasi tugas
 TINGKATAN MANAJEMEN
  1. Top Managemen ( manajemen puncak )
  2. Midlle Management ( manajemen menengah )
  3. Lower Managemen ( manajemen tingkat bawah )   
Persyaratan jabatan manajer (Littlefield dan Peterson):
  1. Technical skills (keterampilan menggunakan alat-alat teknis). 
  2. Human skills (keterampilan berinteraksi, saling berhubungan, saling mengerti, dan dapat menyelami keinginan/perasaan/kepribadian).  
  3. Conceptual skills (kemampuan menggerakkan perusahaan, melihat masa depan perusahaan).
Pengambilan keputusan (G.R Terry): 
            Pemilihan alternatif kelakuan tertentu dari dua atau lebih alternatif.
 
Pengambilan keputusan (Harold Koontz dan Cyril O’Donnel)
             Pemilihan di antara alternatif-alternatif mengenai suatu cara bertindak (adalah inti daripada perencanaan.  Suatu rencana dapat dikatakan tidak ada, jika tidak ada keputusan ) Suatu sumber yang dapat dipercaya, petunjuk dan reputasi yang telah dibuat. 
Share:

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Technology

Theme Support