Jumat, 23 Oktober 2015

MATERI KULIAH MANAJEMEN INFORMATIKA

MOTIVASI DAN KOMUNIKASI

MOTIVASI
Motivasi adalah daya rangsang/pendorong agar pegawai mau bekerja dengan giat.

Menurut G.R Terry, "motivasi adalah keinginan yang terdapat pada diri seseorang yang merangsangnya untuk melakukan tindakan-tindakan"


Pola motivasi (DR. David Mc. Lelland):
Achievement motivation à suatu keinginan untukmengatasi/mengalahkan suatu tantangan, untuk kemajuan dan pertumbuhan.
Affiliation motivation à dorongan untuk melakukan hubungan dengan orang lain.
Competence motivation à dorongan untuk melakukan pekerjaan yang bermutu.
Power motivation à dorongan yang dapat mengendalikan suatu keadaan, ada kecenderungan untuk mengambil resiko dan menghancurkan rintangan yang terjadi.
 
Teori-teori Motivasi
Teori Motivasi Klasik 
(oleh Frederik Winslow Taylor): 
"Orang akan bekerja bilamana ia mendapat imbalan berupa materi yang mempunyai kaitan denga
tugas-tugasnya (menganut teori kebutuhan tunggal yaitu kebutuhan biologis saja)".
Teori Motivasi Abraham Maslow
(Teori jamak):

"Kebutuhan yang diinginkan seseorang itu berjenjang, artinya bila kebutuhan yang
pertama telah terpenuhi, maka kebutuhan tingkat kedua akan menjadi yang utama."
Dasar teori ini:

1. Manusia adalah makhluk yang   berkeinginan.

2. Suatu kebutuhan yang telah dipuaskan tidak
    menjadi motivator bagi pelakunya, hanya
    kebutuhan yang belum terpenuhi yang
    menjadi motivator.

3. Kebutuhan manusi tersusun dalam suatu
    jenjang:


1.Kebutuhan fisik (physiological Needs) à kebutuhan untuk mempertahankan hidup. 
2.Kebutuhan keselamatan (Security or Safety Needs) à kebutuhan akan keamanan jiwa
   dan harta. 
3.Kebutuhan sosial (Affiliation or Acceptance Needs) à kebutuhan akan perasaan diterima
   orang lain (sense of belonging), kebutuhan akan perasaan dihormati (sense of
   importance), kebutuhan akan perasaan maju dan tidak gagal (sense of achievement), dan
   kebutuhan akan perasaan ikut serta (sense of participation) 
4.Kebutuhan akan penghargaan/prestise (Esteem or status needs)  à idealnya prestise
   timbul karena adanya prestasi, tetapi tidak selamanya demikian 
5.Aktualisasi diri (Self actualization) à kebutuhan ini merupakan realisasi lengkap potensi
    seseorang secara penuh.
Teori Motivasi Dua Faktor/Teori Motivasi Kesehatan (oleh Frederick Herzberg):
Orang dalam melaksanakan pekerjaannya dipengaruhi oleh 2 faktor yang merupakan kebutuhan, yaitu:
1.Faktor-faktor pemeliharaan (Maintenance factors) à kebutuhan kesehatan merupakan
    kebutuhan yang berlangsung terus menerus, karena kebutuhan ini akan kembali pada
    titik nol setelah dipenuhi.
2.Faktor-faktor motivasi (Motivation factors) à kebutuhan psikologis seseorang 
   (berhubungan dengan penghargaan terhadap pribadi).
 
Alat-alat motivasi: 
Material Incentive à motivasi yang bersifat material sebagai imbalan prestasi yang diberikan. 
Non material Incentive à motivasi yang tidak berbentuk materi (penempatan yang tepat, promosi
  yang objektif, dll).
Jenis-jenis motivasi:
Motivasi positif à hadiah, premi, dll
Motivasi negatif à hukuman, sangsi
Tujuan motivasi manajemen:
1.Untuk mengubah perilaku pegawai.
2.Untuk meningkatkan kegairahan kerja.
3.Untuk meningkatkan disiplin.
4.Untuk menjaga kestabilan pegawai.
5.Untuk meningkatkan kesejahteraan.
6.Untuk meningkatkan prestasi.
7.Untuk meningkatkan moral.
8.Untuk meningkatkan rasa tanggung jawab pada tugas-tugasnya.
9.Untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
10.Untuk meningkatkan partisipasi terhadap perusahaan.
 
Kesimpulan:
Semakin tinggi status atau posisi seseorang dalam organisasi, maka motivasi. 
mereka semakin tinggi dari hanya pemenuhan kebutuhan jasmaniah saja.

 
KOMUNIKASI 
 
Komunikasi (Communication) "merupakan hal penting dalam manajemen untuk menyampaikan perintah, informasi, berita, laporan, maupun dalam hal menjalin hubungan antara seseorang dengan orang lain"
Komunikasi (Malayu SP Hasibuan): "Suatu alat untuk menyampaikan ide pesan, perintah, berita, informasi dari seseorang kepada orang lain, agar di antara mereka terdapat interaksi."
Unsur-unsur komunikasi:
1.Komunikator (Giver) à orang yang menyampaikan ide, pesan.
2.Pesan à informasi, ide yang disampaikan.
3.Saluran (channel) à alat yang dipakai untuk berkomunikasi.
4.Komunikan (Receiver) à orang yang menerima informasi.
5.Umpan balik (Feed back) à reaksi yang diberikan komunikan.
   
Fungsi-fungsi komunikasi:
1.Instructive à memberikan instruksi, perintah.
2.Informative à alat untuk menyampaikan informasi, berita.
3.Influencing à memberikan saran-saran, nasihat.
4.Evaluative à memberikan laporan dari bawahan kepada atasan.
 
Tipe-tipe komunikasi:
Komunikasi formal (Formal communicatio) 
Komunikasi informal (Informal communicatio) 
 
Lambang-lambang komunikasi:
Suara, tulisan, gambar, warna, mimik, gerakan, dll  
Hambatan-hambatan komunikasi:
1.Hambatan semantis à hambatan bahasa yang disebabkan kata-kata/kalimat yang
  digunakan mempunyai arti yang sama. 
2.Hambatan teknis à hambatan yang disebabkan oleh alat-alat teknis yang
  dipergunakan kurang baik. 
3.Hambatan biologis à hambatan yang ditimbulkan oleh kurang baiknya pendengaran. 
4.Hambatan physiologis à hambatan kejiwaan yang disebabkan oleh perbedaan status,
  keadaan. 
5.Hambatan persepsi à hambatan yang disebabkan kurang mampunya penangkapan,
  daya nalar komunikan dll.
 Syarat-syarat komunikasi yang baik:
1.Mempergunakan bahasa yang baik.
2.Lengkap.
3.Tepat, komunikasi/perintah yang diberikan itu benar.
4.Jelas à disampaikan secara benar pada orang yang tepat.
5.Disampaikan pada saat yang tepat.
Metode Komunikasi 
1.Komunikasi langsung. 
2.Komunikasi tidak langsung. 
3.Komunikasi horizontal. 
4.Komunikasi searah. 
5.Komunikasi dua arah.
 
Kesimpulan:
1.Komunikasi baru dapat dilakukan jika ada 2 pihak, yaitu pemberi informasi dan penerima informasi.
2.Komunikasi hanya merupakan alat untuk menyampaikan perintah, informasi dari seseorang kepada orang lain, bukan merupakan tujuan
3.Komunikasi harus dapat dimengerti oleh si penerima, sehingga menimbulkan interaksi
Share:

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Technology

Theme Support